Cari Disini

Sabtu, 23 Maret 2013

e-Commerce di Indonesia - forum BukuKita.com


BukuKita.com ini merupakan tempat jual beli berbagai macam buku yang menyenangkan yang dilakukan secara online. Sejak 12 Juni 2006, BukuKita.com hadir untuk melayani para pecinta buku di Indonesia. BukuKita.com ini berawal dari sekumpulan orang berjiwa muda dan kreatif dengan latar belakang IT yang menggeluti dunia pendidikan dan e-commerce di Indonesia.

Kenapa toko buku online?
Karena BukuKita.com sadar, buku adalah sumber pengetahuan. Bahkan BukuKita.com mengerti, tidak semua orang punya waktu untuk pergi ke toko buku.

Lewat BukuKita.com, masyarakat dapat melakukan pemesanan 24 jam sehari 7 hari seminggu. BukuKita.com menyediakan buku-buku baru dan menyediakan layanan antar ke seluruh Indonesia.

Sampai pada saat ini, BukuKita.com telah bekerja sama dengan sebagian besar Penerbit dari seluruh Indonesia dan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk melengkapi produk yang dijual di BukuKita.com.

Pada bulan Juni 2011, BukuKita.com telah beroperasi selama 5 tahun dan merupakan salah satu Toko Buku Online terlengkap dan paling ramai di Indonesia.
Pelanggan BukuKita.com telah mencapai 90.380 orang dan terus bertambah. BukuKita.com telah melayani puluhan ribu pelanggan dan mengirimkan buku keseluruh wilayah Indonesia.
Berkat dukungan Anda dan para pelanggan, BukuKita.com telah diakui dan bekerjasama dengan Google.com Asia Pacific dan berbagai perusahaan besar lainnya. 

Analisa yang saya cari dan lihat dari beberapa sumber, BukuKita.com ini memiliki kelebihan dan kekurangan.  Berikut adalah kelebihan maupun kekurangannya:

Kelebihan
- Menjual di BukuKita.com
1. Lebih praktis
Faktor kepraktisan adalah salah satu alasan mengapa BukuKita.com disukai oleh orang banyak. Terutama bagi para penerbit yang ingin menjual buku-bukunya. Tidak susah dengan menaruh buku di toko-toko yang ada, dengan membuka lapak sendiri sesuai kategori buku yang akan dijual, maka buku-buku tersebut sudah dapat dilihat oleh calon pembeli.

2. Cepat laku
Dengan banyaknya pengguna internet sekarang ini maka memudahkan BukuKita.com dalam menjual produk. Sebagian besar peminatnya adalah mahasiswa, anka pelajar, professional muda, adalah pasar yang potensional. Sehingga membuat produk yang ditawarkan BukuKita.com menjadi cepat laku.

- Membeli di BukuKita.com 
Tak Perlu Keluar Rumah 
Salah satu kemudahan belanja via BukuKita.com ialah konsumen tak perlu repot–repot pergi ke Mall atau toko untuk mencari membeli buku yang diinginkan. Konsumen hanya perlu membuka situs online yang salah satunya adalah BukuKita.com. Konsumen tinggal duduk manis didepan monitor dan surfing menyusuri halaman-halaman yang ada di situs BukuKita.com.

Kekurangan 
Berikut ini merupakan penjelasan tentang kelemahan transaksi melalui media internet. 
1. Konsumen Tak Yakin Benar Barangnya sesuai Dengan Harapan 
Salah satu kelemahan transaksi melalui BukuKita.com ini adalah dimana konsumen dan pedagang tidak bertatap muka langsung. Dan konsumen tidak bisa melihat barang yang dibeli secara real. Sehingga menimbulkan rasa cemas dimana barang yang dibeli nanti tidak sesuai harapan, misalnya ada halaman yang cacat.
2. Salah Kirim
Salah satu masalah yang terjadi ketika paska transaksi online shop adalah kesalahan mencantumkan alamat. Jadi, barang belanjaannya tidak sampai kepada konsumennya. Masalah ini sering terjadi ketika konsumen belanja di situs online luar negeri. Konsumen keliru menulis alamat jelas, tanpa kode Negara dan No. HP. Kesalahan fatal ini bakalan merugikan konsumen sendiri.  
 
Demikian kelebihan dan kekurangan transaksi e-commerce yang saya ketahui. Kurang lebihnya saya memohon maaf. Terima Kasih..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar